Parenting Class : "Sinergi Orangtua & Sekolah dalam mendidik anak di Era Digital" - SDIT Fatahillah

Parenting Class : "Sinergi Orangtua & Sekolah dalam mendidik anak di Era Digital"

Parenting Class : "Sinergi Orangtua & Sekolah dalam mendidik anak di Era Digital"

- Cirebon 23 & 30 Oktober 2023 - SDIT Fatahillah mengadakan kegiatan parenting yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan teknologi semakin hari semakin pesat, membuat banyak hal yang berubah dalam dunia pendidikan. Peran guru sebagai alat mentransfer informasi sekarang mulai bergeser karena siswa sudah dapat mencari informasi sendiri di dunia maya. Ini merupakan kemajuan yang sangat baik jika fasilitas tersebut digunakan sesuai dengan fungsinya, yaitu untuk menambah kreatifitas pada diri anak, tetapi sebagian anak justru menyalahgunakan kesempatan tersebut untuk mencari informasi yang kurang bermanfaat. Berbagai alasan mereka katakan untuk menghindari teguran orang tua. Dengan dalih mengerjakan tugas dari guru, sehingga orang tua harus mengijinkannya untuk mengakses internet tanpa adanya pengawasan dan bimbingan dari orang tua. 


 



Acara ini dibuka oleh MC dengan memaparkan sedikit tujuan diadakannya kegiatan parenting di SDIT Fatahillah. lalu agar acara lebih khidmat para orangtua siswa dan seluruh panitia dan jajaran guru menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh ibu ranesih selaku guru di SDIT Fatahillah. 
agar suasana kegiatan ini berkah dibuka juga dengan lantunan ayat suci Al-Qur'an beserta saritilawah oleh Pak Jafar dan Pak Riyanto selaku guru SDIT Fatahillah.

Tak lupa Bapak Muamar Setiawan Permana,S.Pd selaku Kepala Sekolah SDIT Fatahillah berterima kasih kepada wali murid yang sudah bisa hadir di kegiatan parenting ini dan beliau menyampaikan bahwa Pendidikan anak adalah tanggung jawab bersama antara sekolah dan keluarga. Dalam upaya membentuk generasi yang berkualitas, sinergi antara peran guru dan orang tua sangatlah penting. Keduanya memiliki kontribusi yang saling melengkapi dalam membimbing, mendukung, dan memaksimalkan potensi anak.


 
Selanjutnya acara ini diisi oleh penyampai materi parenting class ibu Fitri Meliani,S.Psi, M.Si selaku Dosen Universitas Bunga Bangsa Cirebon  dan Therapis Psikolog. Beliau menyampaikan materi " Sinergi Orangtua & Sekolah dalam mendidik anak di Era Digital " dengan penuh antusias sehingga para orangtua siswapun menyimak dengan baik apa yang beliau sampaikan.

Sinergi antara peran guru dan orang tua sangat penting dalam pendidikan anak. Ketika keduanya bekerja secara sinergis, maka anak akan mendapatkan manfaat yang besar. Berikut adalah beberapa alasan mengapa sinergi ini sangat penting:

1.Bersikap antusiaslah dengan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia digital anak

 2. BUKAN MEMBERIKAN FASILITAS GADGET NAMUN MENGAKSES DENGAN PENDAMPINGAN ORANGTUA. Berikan HP saat usia  rusyid (memiliki kedewasaan dan kemampuan dalam mengelola dan membelanjakan harta dengan baik)

 3. Bekali anak untuk dapat survive di masa depan melalui berbagai hal informasi di internet 

4. Smart parents perlu belajar untuk menjelajahi dunia digital saat ini khususnya dunia digital anak. 
 
5. Tingkatkan kualitas komunikasi dan perjumpaan dengan anak
 
6. Tanamkan komunikasi efektif anak dalam berinteraksi di dunia maya, bisa dengan cara memanfaatkan tayangan-tayangan di internet untuk berdiskusi
7. Ajarkan dan terapkan anak pendidikan agama sedari dini sebagai pedoman hidupnya
 
8. Mulailah mencari tahu bakat dan minat anak sedari kecil 
 
9. Hindari pemikiran bahwa gadget dapat menjadi pengganti sarana pemberian perhatian orang tua ke anak
 
10. Jadilah role model yang baik bagi anak

11. Arahkan bakat sesuai minat anak ( Olahraga,Musik,dll).

Beliau menutup dengan kata-kata penyemangat  " Menjadi tantangan besar ketika berperan sebagai guru dan orang tua di era digital. Persiapkan bekal pada anak agar mampu bersaing secara global di masa dewasanya dengan tetap mengutamakan kebersamaan dan komunikasi dua arah setiap hari". 
 
Dilanjutkan sesi tanya jawab. beberapa orangtua siswa sangatlah antusias dalam melakukan tanya jawab tersebut. Sebagai apresiasi sudah bertanya  maka wali murid tersebut diberi bingkisan istimewa.




Silahkan tulis komentar Anda